Alasan Kenapa Pemohon Layak Memperoleh Beasiswa MES Foundation


Esai 500 kata sebagai syarat untuk menerima Beasiswa Mes Foundation

Dengan memohon Rahmat dan Petunjutk dari Allah SWT, pemohon memberanikan diri untuk mengajukan diri mengikuti program beasiswa MES Foundation, selain merupakan kesempatan yang baik bagi pemohon, juga program ini sangat dibutuhkan oleh pemohon untuk menunjang biaya pendidikan dan kebutuhan pemohon selama berkuliah di IAIN “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten, dengan jurusan Ekonomi Syari’ah di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

Mengingat kebutuhan pemohon selama berkuliah di IAIN “Sultan Maulana Hasanudddin” Banten, sejak awal masuk kuliah pada tahun 2011 sampai dengan sekarang menginjak pada semester VII (tujuh) tahun 2014, pemohon membiayai perkuliah dengan tanpa biaya dari kedua orang tua, dan juga tidak mengikuti program beasiswa penuh seperti bidik misi. Selama berkuliah pemohon membiayai registrasi sampai dengan membeli buku-buku dan kebutuhan hidup pemohon menanggung sendiri.

Dalam pemenuhan setiap kebutuhan dan biaya-biaya nya, pemohon mencoba memanfaatkan setiap waktu luang ketika berkuliah untuk digunakan sebaik mungkin agar memperoleh penghasilan, baik dengan berwirausaha seperti berjualan, memberikan jasa, tenaga harian dan lain sebagainaya untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup dan juga kebutuhan kuliah.

Pemohon juga pernah mengajukan beasiswa ke berbagai institusi, baik pemerintahan setempat, kampus dan juga lembaga-lembaga lainnya yang dimiliki kelompok ataupun perorangan, untuk membantu meringankan biaya kuliah minimalnya, karena biaya kebutuhan hidup serta biaya keperluan bahan-bahan kuliah seperti buku-buku dan lainnya pemohon mencoba tutupi dari hasil jerih payah sehari-hari. Meskipun tidak sedikit pemohon pernah meminjam biaya terlebih dahulu kepada orang terdekat hanya untuk sekedar membayar registrasi atau kebutuhan perkuliahan yang mendesak.

Maka dengan sedikit alasan diatas, pemohon berharap berkesempatan untuk menjadi salah satu bagian dari mahasiswa yang memperoleh beasiswa ini.

Rencana

Sejak awal mulai berkuliah, pemohon sudah tergabung dalam organisasi kemahasiswaan yang bergerak dibidang pengembangan Ekonomi Syari’ah, yakni Komunitas Ekonomi Syariah di kampus IAIN “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten yang di naungi oleh Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Regional Banten.

Banyak keilmuan yang pemohon peroleh dari organisasi ini, baik secara teori maupun praktek, terutama dalam pengkajian keilmuan Ekonomi Sayariah. Disamping berorganisasi, bersamaan dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari yakni berwirausaha, pemohon aktif dalam penerapan keilmuan ekonomi syariah secara langsung bersama-sama pengurus lainnya dalam bidang keuangan mikro syariah yaitu BMT (Baitul Maal Wa Tamwil) yang ada di kampus. BMT ini merupakan kelolaan dari pengurus Komunitas Ekonomi Syariah. Dan saat ini kami tengah mengelola BMT di masyarakat sekitar kampus sebagai pendampingan usaha mikro.

Rencana yang dimiliki oleh pemohon dalam pengembangan keuangan syariah ialah dengan terus aktif dan memperdalam pengalaman di BMT sehingga dapat mendirikan lembaga keuangan mikro syariah di setiap daerah yang perlu adanya lembaga keuangan syariah, mengingat daerah Banten masih sangat minim akan adanya lembaga keuangan Syariah. Serta tujuan yang paling utama adalah untuk membantu dan mendampingi usaha mikro dalam perencanaan dan pembiayaan keuangannya.

Untuk kedepannya, pemohon berharap akan banyak lembaga keuangan mikro syariah yang berkembang dan terus tumbuh di Banten sebagai binaan dan atau bagian dari pengambangan FoSSEI Banten.

Selain dari rencana tersebut, untuk terdekat ini pemohon bersama dengan pengurus FoSSEI Regional Banten akan terus berpartisifasi aktif dan mensosialisasikan keuangan syariah di berbagai daerah dan kampus yang ada di Banten serta masyarakat secara langsung melalui kegiatan-kegiatan FoSSEI Banten.

1 Komentar