Cara Sederhana Untuk Hidup Sehat


Oleh: Mujang Kurnia 

Sudah lama sekali rasanya tidak muncul dan mengisi blog ini dengan tulisan, untung saja tidak ada istilah kadaluarsa (expired) dalam tulis menulis; Untuk itu, sekalian berkunjung dan sedang mengechek ini blog, saya akan sedikit berbagi tips atau cara sederhana agar hidup tetap sehat, terlebih saat ini sedang musimnya berhujan.

Yuk jaga kesehatan, karena dengan kita sehat, akan lebih banyak sekali hal-hal positif dan bermacam kebaikan bisa kita lakukan, terutama untuk ibadah; Pergi kemesjid saja kita harus sehat, karena kalau sedang sakit, kita akan kepayahan berjalannya, apalagi mau pergi haji, sangat jelas dan tegas kalimatnya adalah “mampu”, baik secara fisik (sehat) maupun finasial (ongkosnya).

Oleh karena itu, sekali lagi, mari kita terus upayakan untuk senantiasa sehat dan memohon kepada pemilik kesehatan yakni Allah SWT agar kita senantiasa diberikan kesehatan.

Setidaknya beberapa hal dibawah ini merupakan cara sederhana untuk kita  berupaya menjaga kesehatan dengan disertai berdoa kepada Tuhan. Saya kutifkan dari republika.co.id, Rabu (17/2). sebagai penambahan dari yang saya tuliskan berikut ini;


1. Bersykurlah

Karena sejatinya apapun yang telah terjadi dan yang ada pada diri kita hingga saat ini adalah karunia Tuhan, berkat izin dan kehendak-Nya lah kita masih dan bisa bernafas serta menikmati segala yang ada dihadapan kita, maka sudah selayaknya pula kita senantiasa bersyukur kepada Sang Maha Pemberi Nikmat yaitu Allah SWT., maka rasakanlah keajaiban syukur itu, kita akan semakin ditambahkan kenikmatan dan kesehatannya ketika kita senantiasa bersyukur. Oleh karena itu pula, apapun cara-cara yang ditempuh untuk peroleh kehidupan yang sehat, hal utama yang harus kita lakukan adalah bersyukur. Bersyukurlah, dalam setiap situasi, kondisi, keadaan, serta dalam melakukan beberapa hal setelah poin yang pertama ini, sertakanlah bersyukur!

2. Perhatikan kebutuhan akan Air

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Sehingga komponen air sangatlah penting dan akan membantu menghindari dehidrasi.

Air juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Sehingga kebutuhan akan air perlu diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari.  Maka perbanyaklah minum air.

3. Perhatikan pola Makan

Banyak kesalahn yang dilakukan seseorang ketika menjalani hidup sehat. Mereka mengurangi porsi makanan, terutama karbohidrat.

Jika Anda mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah terlalu tentu akan berdampak pada berat badan. Karena itu, Anda bisa menukar karbohidrat dengan biji-bijian.

Dan pastikan setelah melakukan pekerjaan atau aktivitas, Anda mengonsumsi karbohidrat dalam porsi wajar untuk membantu otot-otot tumbuh dan kembali mendapatkan tenaga.

4. Seringlah Berjalan Kaki

Jangan pernah malas untuk berjalan kaki, entah ketika berada di dalam kantor maupun di luar. Karena dengan berjalan kaki akan membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan menghilangkan lemak tubuh.

5. Sering lakukan Peregangan

Peregangan dapat membantu anda memperbaiki postur tubuh dan keseimbangan badan. Kita sering melakukan berbagai aktifitas yang membentuk badan kita jadi berubah posisi. Jadi inilah fungsi peregangan untuk meningkatkan keselarasan tulang

6. Beristirahat

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, Anda perlu untuk mengistirahatkan tubuh. Lakukan kegiatan seperti yoga atau spa untuk memberikan relaksasi ke tubuh.

7. Berolahraga

Berolahraga selama 30 menit sehari dalam 3-4 kali seminggu akan membantu untuk meningkatkan kesehatan dan kemampuan atletik secara keseluruhan. Jika Anda tidak suka pelatihan di gym, anda bisa bergabung dengan kelompok tari, klub olahraga atau apapun, sesuai dengan metode pelatihan yang anda gemari.

8. Nikmati Hidup Anda

Kita akan merasa bahagia jika melakukan hal yang paling kita sukai. Hilangkan segala racun di dalam diri anda, isi waktu luang untuk tertawa bersama orang yang anda sayangi.

Semoga bermanfaat, tulisan ini sebagain point saya kutif dari sumber lain sebagiannya saya tambahkan. Demikian, wa Allahu ‘alam... 

---------------------------------------------

0 Komentar