KENAPA KITA BERPOLITIK?

Sahabat, telah banyak kita dengar dan saksikan beribu orang membicarakan politik dan terlibat dalam perpolitikan. Karena disadari atau tidak, hidup kita memang serba berpolitik, ya, politik, politik adalah strategi. Maka dalam setiap pergaualan, baik dalam organisasi ataupun perindividu, kita butuh politik atau strategi.
Berpolitik tidak hanya ikut dalam kepartaian atau sering disebut politk praktis, melainkan dalam keseharian pun kita bisa berpolitik. Karena ketika kita membicarakan politik, perlu di ketahui juga bahwa ada perbedaaan yang mendasar anatara kepartaian dan politik. Keduanya mungkin bisa bersatu dan mungkin juga bisa berseteru.
Loh, Kok bisa begitu ya? Bukannya orang yang berpolitik itu pasti berpartai? Atau sebaliknya, orang berpartai itu pasti pilitisi?
Hmm… Sahabat gaul, ternyata tidak semua demikian, karena mungkin bisa saja seseorang disebut politisi (ahli berpolitik), namun ia tidak berinteraksi dengan kepartaian atau bahkan tidak ada kecenderungan kesana. Dan mungkin pula, bisa saja ada seseorang yang berpolitk praktis (terjun dalam kepartaian) namun ia tidak sama sekali mengerti masalah politik. Nah, kira-kira sahabat gaul pilih dan ingin yang seperti apa dalam berpolitik?
Atau ada satu lagi, yaitu seseorang yang menggabungkan antara keduanya sehingga ia adalah politisi yang berpolitik praktis atau berpolitik praktis dengan segala kemampuannya dan pemahamannya dalam berpolitik. Wah, sepertinya yang ketiga kereen nih? tapi semua itu kembali pada diri sahabat masing-masing.
Yang terpenting, sebagai remaja gaul dan gaul banget, jangan sampe dah kita tidak melek terhadap politik. Dan tidak hanya itu juga, meleknya kita terhadap politik, jangan sampe kita menyalah gunakannya! Jika menjadi politisi, jadilah politisi yang baik dan memiliki kesadaran bahwa kemampuan berpolitiknya adalah untuk kebaikan sesama, bukan hanya untuk diri sendiri atau golongan semata.
Nah, kenapa sih kita harus berpolitik? Atau kenapa politik itu harus ada di dunia kita ini? Mari kita temukan jawabannya bersama agar kita lebih melek lagi dalam berpolitik….,
Sahabat gaul, seperti yang telah kita ketahui bersama, sebagai manusia kita hidup dituntut untuk melek dan memperhatikan segala persoalan hidup, karena ketika kita mengurung diri dan membiarkan segala yang terjadi, sungguh kita telah menjadi pribadi yang angkuh.
Berpolitik adalah sebuah keharusan dalam kehidupan kita, karena rasanya akan gimana gitu, ketika kita tidak berpolitik atau tidak paham dengan politik. Kurang sempurna dah kita hidup kecuali kita menjadi seorang politisi.
Alasan lain kenapa kita harus berpolitik adalah, banyak sekali persoalan-persoalan dalam kehidupan ini yang masih dan sangat perlu kita perbaiki dan selamatkan.
Apakah kita rela ketika kekuasaan dalam kehidupan kita di ambil alih oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab? Apakah kita akan membiarkan begitu saja ketika kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh para penguasa ternyata membuat kita dan orang-orang yang kita cintai menderita, dan itu semua dikarenakan kita kalah dan lemah dalam berpolitik melawan para pelaku kejahatan.

Kita harus berpolitik, untuk menyelamatkan masyarkat lebih banyak lagi, baik dari menyelamatkan masalah sosial, ekonomi, dan membuat kebijakan dengan seadil-adilnya untuk menciptakan pradaban yang mampu mensejahterkan masyarakat secara keseluruahan.(Mujang Kurnia)

0 Komentar