LIBURAN, Tetap Bermanfaat!

Perasaan senang dan bahagia mulai terpancar dari setiap siswa-siswi yang akan berlibur , karena di bulan ini adalah saat yang tepat untuk liburan sekolah. Setelah sekian lama menjalani kegiatan-kegiatan rutinitas disekolah, yang mungkin membuat kita jenuh dan membutuhkan suasana baru untuk mengembalikan semangat saat nanti ajaran baru masuk kembali disekolah. Oleh karena itu, liburan yang efektif sangat diperlukan untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran kita.
Akan tetapi bagi sebagian orang hal ini menjadi beban pikiran karena dengan datangnya waktu liburan berati ada biaya ekstra yang harus dikeluarkan. Selain itu, kesulitan dalam mencari dan menentukan tempat liburan serta menyesuaikan waktu dengan kondisi yang tepat.
Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, diperlukan wawasan pengetahuan yang luas agar momen liburan yang ada dapat dinikmati secara efektif. Karena jika kita kurang dalam wawasan pengetahuan mengenai alternatif kegiatan liburan yang bermanfaat, maka hal itu dapat membuat kita kehilangan fungsi utama dari adanya liburan dan tidak menutup kemungkinan dengan adanya liburan justru menimbulkan rasa jenuh dan menjadi terbiasa bermalas-malasan dengan hanya mengerjakan aktivitas yang tidak memberikan manfaat, misalnya hanya menonton televisi sepanjang hari dan sebagainya.
Maka dari itu, perlu adanya kesadaran akan wawasan pengetahuan mengenai pentingnya penggunaan waktu libur agar bermanfaat. Karena jika kita telah memilikinya, meskipun ketika berlibur hanya di rumah saja, tetapi kita mampu menciptakan program liburan yang bermanfaat, seperti berbenah rumah, berkebun, membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah dan lainnya.
Oleh karena itu, liburan hendaknya benar-benar dapat dipergunakan untuk liburan yang bermanfaat. Begitu juga sebaliknya, masa belajar harus dipergunakan untuk belajar. Artinya, setiap waktu benar-benar digunakan dengan tepat dan memberi manfaat. Kita adalah insan terpelajar, sudah seharusnya mampu memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, baik itu saat belajar (red, masuk sekolah) maupun saat liburan. Dan saat ini adalah waktunya liburan, maka kita harus mampu menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat. Bila  tidak, tentu kita akan termasuk orang yang merugi karena telah menyia-nyiakan waktu.
Liburan yang bermanfaat pada hakikatnya sangat beragam, diantaranya adalah:
Liburan yang dapat menunjang kecerdasan spiritual. Misalkan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata alam, seperti pegunungan, kebun raya, laut, danau, ikut tadabur alam dan bahkan ikut pesantren kilat yang dapat menumbuhkan rasa syukur dengan mengagumi kebesaran Tuhan.
Liburan berupa kegiatan yang dapat menunjang kecerdasan emosional. Misalnya berkunjung ke panti asuhan, melihat daerah pemukiman penduduk miskin, panti jompo atau mengunjungi korban bencana alam sehingga tumbuh rasa empati terhadap orang lain.
Liburan dengan kegiatan yang dapat meningkatkan kecerdasan intelektual. Misalkan dengan menambah wawasan pengetahuan atau menunjang daya nalar, yakni dengan mengajak teman-teman untuk membuat kelompok belajar bersama, belajar ke museum, candi, toko buku, berkunjung ke kebun binatang, bereksperimen dalam kelompok sains dan sebagainya.
Liburan berupa kegiatan yang dapat melatih kemampuan bersosialisasi. Misalkan dengan bersilaturahim atau berkunjung ke rumah sanak saudara, berkunjung ke rumah nenek, berkunjung ke rumah teman lama atau teman baru, berkunjung ke rumah tokoh masyarakat atau bahkan ke rumah guru untuk sekedar bersilaturahim.
Liburan yang dapat menunjang kreativitas dan imajinasi. Misalnya dengan membuat berbagai karya dari bahan-bahan yang telah tersedia atau bahan bekas, melukis, mengarang puisi, menulis buku dan sebagainya.
Liburan yang dapat menunjang pengembangan diri dan fisik. Misalkan kegiatan yang dapat memupuk rasa tanggung jawab dan kemandirian, yakni dengan menjadi peserta outbound, berkemah bersama teman-teman sekolah, panjat tebing suatu gunung dan kegiatan lain yang dapat menjadikan fisik lebih sehat dan segar.

Itulah beberapa kegiatan liburan yang bermanfaat, dan apabila kita mampu melakukannya dengan kesadaran untuk memanfaatkan waktu dengan baik, maka tiadalah kesia-siaan waktu ketika kita mengisi waktu berlibur. (Mujang Kurnia)

0 Komentar