Pentingnya Menetapkan Tujuan


Oleh Mujang Kurnia

Saya ingin sedikit berbagi tentang pentingnya kita memiliki sebuah tujuan. Hampir segala sesuatu yang ada dalam kehidupan manusia saat ini adalah buah dari penetapan awal sebagai cita-cita atau tujuan untuk diwujudkan sebelum hal tersebut ada. Misalkan manusia bercita-cita bisa terbang, maka terwujudlah pesawat terbang. Manusia bercita-cita bisa bicara jarak jauh, maka hadirlah handphone, dan lain sebagainya.

Tujuan adalah sasaran, cita-cita, visi atau mimpi yang akan di wujudkan. Tujuan mutlak dimiliki oleh siapa saja yang ingin mencapai keberhasilan. Hampir setiap mereka yang sukses dan berhasil dalam kehidupannya adalah karena telah menetapkan tujuan sebelum mencapainya.

Seseorang yang telah berniat atau akan pergi kemanapun atau melakukan hal apapun, haruslah memiliki tujuan untuk mengakhiri perjalanannya.  Jika tidak, dia hanya melangkah tanpa arah dan tidak akan pernah sampai ke tempat tujuan serta tidak akan mendapatkan apapun. Bahkan hanya akan menghabiskan waktu saja.

Ibarat kita akan pergi dari satu tempat dengan menggunakan kendaraan, jika tidak menetapkan tujuan ke mana kita akan pergi, kita tidak akan bisa mengukur berapa bahan bakar yang akan kita siapkan, berapa lama waktu yang akan kita gunakan, dan berapa besar biaya yang harus kita siapkan. Tetapi jika kita sudah menetapkan tujuan sebelum berangkat, kita akan dengan mudah mengukur berapa bahan bakar yang akan kita siapkan, berapa lama waktu yang akan kita gunakan, dan berapa besar biaya yang harus kita siapkan. Sehingga kita dapat meminimalisasi resiko buruk yang akan terjadi.

Bahkan seorang nahkoda kapalpun tidak akan bisa melabuhkan kapalnya jika tidak menetapkan tujuan kemana dia akan bersandar. Yang akan terjadi adalah kapal tersebut bisa kehabisan bahan bakar, kecelakan, menabrak karang, dan menjadi karam di tengah lautan hanya karena tidak tahu kemana tujuannya.

Dengan demikian, amat penting bagi kita memiliki tujuan untuk melangkah dan melakukan hal apapun dalam kehidupan ini. Maka segeralah miliki tujuan yang jelas. Tujuan itu berupa visi, cita-cita atau mimpi yang akan menghantarkan kita menuju masa depan yang terarah.

Dalam menetapkan tujuan atau cita-cita, setidaknya ada dua tujuan yang harus kita siapkan. Pertama adalah tujuan akhirat. Tentunya setiap kita mengidamkan kehidupan akhirat yang selamat dan menjadi penghuni surga, maka kita harus mempersiapkannya sebaik mungkin. Yang kedua adalah tujuan dunia. Tujuan ini merupakan keinginan kita hidup di dunia mau menjadi apa? Memiliki apa? Dikenang sebagai apa? Dan lain sebagainya. Tentunya tujuan kedua ini juga bisa kita jadikan untuk bekal menuju tujuan pertama yaitu kehidupan akhirat yang selamat.

Jadi apa tujuan kita? Sudahkan kita memiliki tujuan dalam kehidupan ini? Jangan sampai kita hanya sekedar berkeliaran dalam menjalani kehidupan. Segeralah tetapkan tujuan kita! Ingin tiba dimana puncak keberhasilan dan kesuksesan kita. Lalu temukan cara untuk mencapainya dengan terus belajar dan memohon bimbingan kepada Yang Maha Kuasa. Keadaan masa lalu dan bahkan kondisi hari ini tidaklah terlalu penting untuk kita sesali, yang terpenting adalah kita terus bergerak melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan yang telah kita tetapkan.  

 Kita harus berani memiliki dan menetapkan tujuan. Karena dengan memiliki tujuanlah kita hidup bukan sekedar hidup, melaikan senantiasa mengisinya dengan berbagai prestasi. Jika tujuan hidup telah kita genggam, maka tugas selanjutnya adalah menyiapkan diri untuk mencapainya. Mulai dari keberanian bertindak, siap menghadapi resiko yang akan terjadi, menghimpun ilmu dan pengetahuan sebanyak mungkin, serta mendekatkan diri kepada Sang Pencipta untuk menuntun kita kepada yang akan di tuju.  

=======================##========================
Jika dirasa tulisan ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya melalui akun media sosial Anda. Semoga melalui perantara tulisan ini, mereka memperoleh hidayah untuk melakukan kebaikan sehingga pahalanya sampai juga kepada kita. Aamiin

Terima kasih. Salam dari saya Mujang Kurnia.

Website    : www.mujangkurnia.com
FB            : Mujang Kurnia
IG             : @mujangkurnia

0 Komentar