Fakta dan Kenyataan tentang Negeri Kita Indonesia



Oleh Mujang Kurnia

Pembaca sekalian, izinkan saya menyampaikan sebuah fakta dan kenyataan yang ada di sekitar kita. Ini adalah tentang negeri kita Indonesia, negeri yang gemah ripah loh jinawi. Di negeri ini kita punya segalanya, yang tidak dimiliki oleh negara lainnya. Simaklah beberapa fakta dan kenyataan tersebut dibawah ini!

Semoga kita semua sadar dan bertanggung jawab atas segala karunia yang telah Tuhan berikan kepada negeri ini. Mari kita bertekad untuk menjadi pengelola dan pemakmurnya (khalifah) dengan bersungguh-sungguh memanfaataknnya untuk kebaikan sebagai rasa syukur atas keberlimpahan nikmat ini.

Silahkan dibaca dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu serta mohonlah ampunan kepada-Nya.
Negara kita, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki pulau denga jumlah terbanyak di dunia, ada 17.504 pulau, termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang belum berpenghuni. Tiga dari enam pulau terbesar di dunia, ada di negeri ini.

Luas lautannya terbesar di dunia dengan luas 93.000 km2 dan panjang pantainya sekitar 81.000 km2 atau hampir 25% panjang pantai dunia. Selain itu, kekayaan flora dan faunanya juga menakjubkan. Ada 300.000 jenis satwa liar atau sekitar 17% satwa di dunia. 515 jenis mamalia hidup di negeri kita yang merupakan terbanyak di dunia.

Negeri kita juga menjadi habitat dari sekitar 1.539 jenis burung. Sebanyak 45% dari jenis ikan di dunia, hidup di lautan negeri ini. Memiliki spesies ikan hiu terbanyak di dunia yaitu 150 spesies. Primata terkecil di dunia, ular terpanjang di dunia, ikan terkecil di dunia, bunga terbesar di dunia, semua ditemukan di negeri ini. Bahkan hewan purba darat terbesar yang masih hidup di dunia, ada negeri ini.

Terumbu karangnya adalah yang terkaya sekitar 18% dari total dunia. Anggreknya ada 6 ribu jenis anggrek dan terbesar di dunia. Memiliki hutan bakau terbesar di dunia.

Belum lagi perkebunan dan kehutannnya, negeri ini adalah pengekspor terbesar kayu lapis, yaitu sekitar 80% di pasar dunia. Produk cengkeh, pala, minyak sawit mentah, menempati nomor satu di dunia. Hasil karet alamnya nomor dua di dunia, hasil cokelatnya nomor tiga di dunia, dan daun tehnya adalah yang terbaik di dunia.

Demikian juga dengan sumber daya alamnya. Negeri ini adalah penghasil gas alam cair terbesar di dunia sekitar 20% dari suplai seluruh dunia, penghasil batu bara terbesar, juga produsen timah terbesar kedua di dunia.

Dan masih banyak lagi kekayaan-keyaan lainnya yang terdapat di negeri ini. Maka tidak salah jika banyak yang mengatakan bahwa Indonesia adalah negeri surganya dunia. Maka nikmat Tuhan yang mana lagi yang kita dustakan?

Dengan segala kekayaan yang dimilkinya, tetapi sebagian besar penduduknya tidak memperoleh kesejahteraan. Sampai saat ini kita masih masuk dalam peringkat rendah untuk kebaikannya dan peringkat tinggi untuk keburukannya.

Mari kita renungkan dan silahkan cari jawabannya! Sampai hari ini, dengan segala kekayaan negeri yang kita miliki, sudahkah kita sejahtera dan makmur?
ü Bagaimana dengan perekonomian dan kesejahteraan negeri kita?
ü Bagaimana dengan lingkungan hidup kita?
ü Bagaimana dengan kesehatan masyarakat kita?
ü Bagaimana dengan pendidikan negeri kita?
ü Bagaimana tingkat keamanan dan kenyamanan lingkungan kita?
ü Bagaimana dengan pelaksanaan hukumnya?
ü Bagaimana dengan pengolahan laut kita?
ü Bagaimana dengan perkebunan kita?
ü Bagaimana dengan pertambangan kita?
ü Dan bagaimana dengan yang lain-lainnya?

Lalu siapakah yang berkewajiban mengelola kekayaan tersebut yang telah dianugerahkan oleh Sang Pencipta? Salah satu cita-cita berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia sejak merdeka pada tahun 1945 adalah agar kita menjadi negara yang mandiri, mampu mengelola kekayaan negeri kita sendiri untuk kesejahteraan rakyatnya secara merata, tidak lagi terjadi kesenjangan dan konflik antar daerah, suku, dan agama.  

Untuk itu, siapapun dan dari manapun kita, mari singsingkan lengan baju, milikilah cita-cita yang tinggi untuk Indonesia. Lakukanlah sesuatu untuk membuat negeri ini sejahtera, selalu tersenyum dan bahagia, agar tiada lagi resah, serta tiada lagi duka dan lara di negeri kita tercinta.

Kitalah yang dipilih oleh Sang Pencipta untuk menjadi pemakmur dan pengelolanya. Negeri ini sudah sejak lama menanti kelahiran kita, menanti karya-karya anak bangsanya. Mari bergandengan tangan untuk memberikan karya terbaik, mengukir hari esok, menjayakan Indonesia sebagai cita-cita kemerdekannya!

===========================###==================================
Jika dirasa tulisan ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada yang lainnya melalui akun media sosial Anda. Semoga melalui perantara tulisan ini, mereka memperoleh hidayah untuk melakukan kebaikan sehingga pahalanya sampai juga kepada kita. Aamiin

Terima kasih. Sekian dari saya Mujang Kurnia.
Website           : www.mujangkurnia.com
FB                   : Mujang Kurnia
IG                    : @mujangkurnia





0 Komentar