BATAL KULIAH vs BAYAR KULIAH

Mujang Kurnia Kuliah


Hampir setiap tahun saya mendapat kabar dan laporan bahwa ada saja anak-anak di Provinsi Banten yang sudah di terima masuk perguruan tinggi bahkan mendapat beasiswa, mereka tidak mau melanjutkannya. 

Padahal sudah kita tawarkan tempat tinggal gratis, bahkan kebutuhan makan dan fasilitas lainnya. 

Salah satu faktornya adalah karena motivasi kuliah yang rendah ditambah dengan kurangnya dukungan dan support dari orangtua. 

Sedangkan di tempat lain (mungkin di Banten juga), ada begitu banyak anak-anak muda yang memiliki keinginan untuk kuliah bahkan mendapat dukungan dari orang tua sampai mereka rela membayar tambahan ratusan juta agar anaknya bisa masuk universitas. 

Sebenarnya tidak perlu seperti demikian juga, karena ilmu itu milik Allah, hanya bisa masuk pada tempat yang bersih dengan niat yang lurus dan cara-cara yang benar. Tetapi di sisi lain, saya merasa terharu juga karena banyak orang tua yang begitu support untuk anaknya agar bisa kuliah. 

Sedangkan di sebagian tempat banyak yang batal kuliah dan bahkan dilarang kuliah oleh orang tuanya. 

Saya turut mengalami apa yang terjadi dengan sebagian anak-anak di Banten, dulu saat diterima di kampus (modal nekat), orang tua saya melarang untuk kuliah, karena faktor ekonomi. 

Namun karena punya keinginan yang kuat untuk kuliah, meski awal-awal tidur hanya di teras masjid Agung, Alhamdulillah saya nikmati dan bisa sampai selesai atas pertolongan Allah.

Jadi bedanya kalau saya di larang kuliah karena tiada biaya, yang lain di suruh kuliah sampai mengeluarkan biaya lebih. 

Tentang sebagian pengalaman perjuangan kuliah dengan berbagai keterbatasan ini saya tuliskan ceritanya di buku Semua Bisa Kuliah Alhamdulilah banyak pembaca yang semangat untuk kuliah bahkan banyak yang mendapat beasiswa sampai ke luar negeri. 

Buat kalian yang berkesempatan kuliah, manfaatkan waktu sebaik mungkin, kembangkan diri lebih maju untuk meraih masa depan, karena diluar sana ada begitu banyak anak-anak muda lainnya yang mengharapkan posisi kalian. 

Ingat, kehebatan kalian bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan untuk kemajuan bangsa dan lingkungan. 

Mari terus ikut serta dalam membangun peradaban masa depan yang lebih baik, semoga Allah hadirkan generasi yang hebat untuk bangsa ini. 

Salam Prestasi

#mk #mujangkurnia #kuliah #biayakuliah #mahasiswa

0 Komentar

Terbaru