Setiap Kita [Harus] Menjadi Guru, Apapun Profesinya!

 

Guru saya pernah berpesan, apapun profesimu, jadilah guru, jadilah pendidik yang mencerahkan dan membuka jalan kebaikan untuk sesama.

Saya cukup lama merenungkan pesan ini, karena yang jadi masalah adalah, saya belum memiliki bakat dan minat menjadi guru.

Namun karena pesan ini sangat penting, maka saya coba terus upayakan sebisa mungkin meski menjadi guru bukan yang saya cita-citakan.

Ternyata setelah saya memahami dengan baik kalimat ini, pesan untuk menjadi guru itu penting, meski profesi kita bermacam-macam dalam kehidupan.

Setiap kita harus menjadi guru, untuk keluarga sendiri, untuk lingkungan, untuk sesama dan lainnya.

Dengan semangat menjadi guru, berarti kita punya tekad untuk terus belajar menjadi lebih baik karena punya tanggungjawab untuk mengajarkan.

Selain itu kita juga dituntut untuk meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan sebuah pesan agar apa yang kita sampaikan atau pengajaran kita memiliki dampak dan menggerakan.

Kemudian yang tidak kalah penting ketika kita memiliki tekad untuk mejadi seorang guru, kita juga harus terus menguatkan dan mendekatkan jiwa kepada sang pencipta yang dariNya-lah ilmu itu bersumber.  

Alhamdulillah, ketika saya mencoba mengamalkan pesan ini, salah satunya dengan terus belajar sampai detik ini, meski saya tidak menjadi guru di salah satu lembaga, Allah izinkan saya untuk bisa berbagi ilmu dan pengalaman setiap pekannya di berbagai lembaga, begitu juga dalam keluarga, saya harus belajar karena punya kewajiban untuk mendidik keturunan sebagai guru dan orangtua.

Terima kasih kepada para guru yang telah menginspirasi. Semoga selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus mendidik dan membangun peradaban.

Selamat Hari Guru Nasional - 25 November 2021

#mk #mujangkurnia #guru #harigurunasional

0 Komentar