BANTEN BERPOTENSI (SDM)


Buat kamu nih yang ngaku anak Banten, jangan lah merasa minder atau merasa tidak PD untuk berhadapan dengan anak-anak diluar sana, hanya karena kita berada di penghujung pulau. Mulai sekarang, kita harus tunjukan pada dunia bahwa kita anak Banten yang berpotensi dan berprestasi. Karena memang benar adanya, selain daerah kita yang memiliki sumber daya alam yang cetar membahana di sentearo dunia, kita juga memiliki sumber daya manusia yang sangat potensial dan prestisius, atau mungkin salah satunya adalah kamu sendiri sebagai anak Banten yang berprestasi.
Kalau kita ngomongin potensi daerah kita, semua orang sudah mengetahuinya, kita memiliki segalanya di Banten, mulai dari wisata kota, pantai, kesenian, sejarah, dan banyak lagi yang lainnya, yang patut kita syukuri dan cukup membuat kita PD untuk menjadi daerah yang terkemuka di Nusantara ini.
Selain prestasi daerah kita yang berpotensi seperti yang disebutkan diatas, ternyata kita juga patut berbangga nih, karena Banten memiliki sumber daya manusia yang sangat luar biasa potensial dan berprestasi. Salah satu prestasinya adalah dalam bidang kepenulisan.
Nah, Ini dia nih, mereka-mereka yang pernah menorehkan prestasi gemilang untuk Banten yang patut kita tiru dan kita lanjutkan perjuangannya.
Diantaranya adalah Endang Rukmana, Pada tahun 2004 ia memproleh penghargaan UNICEF Award for Young Indonesian Writer ketika duduk dibangku SMAN 1 Serang. Setelah lulus dari SMA, Endang Rukmana melanjutkan kuliahnya di Universitas Indonesia. Dengan segala prestasinya, di UI Endang terpilih mewakili kampusnya pada seminar sejarah se-Indonesia yang diadakan oleh IKAHIMSI. Selain itu, Endang juga terpilih sebagai peserta pertama penerima program beasiswa penulisan kreatif untuk orang muda yang diselenggarakan oleh Jakarta School dan Penerbit Agromedia graup.
Selain Endang Rukmana, pada tahun 2006 kembali anak Banten memperoleh penghargan serupa yaitu UNICEF Award for Young Indonesian Writer yang kali ini di sabet oleh Yuanita Utami siswi kelas III di SMAN 1 Cilegon.
Selain Endang Rukaman dan Yuanita Utamai yang mendapatkan UNICEF Award, ada lagi nih, juara penulis Artikel Ilmiah Nasional, ia juga meraih prestasi tersebut ketika duduk di kelas III SMAN 1 Serang, namanya Alfi Syahriani.
Nah, pada luar biasa banget kan? itulah beberapa diantara meraka yang telah menorehkan prestasinya untuk Banten kita tercinta ini, sebenarnya masih banyak lagi anak-anak Banten yang memiliki prestasi dan karya-karya yang menakjubkan dan memproleh penghargaan di tingkat Nasional maupun Internasional. Sekarang giliran kita untuk berprestasi, jika mereka saja bisa, kita harus buktikan bahwa kita lebih bisa daripada mereka.
So… mulai sekarang, mari kita berkarya untuk menjadi salah satu anak Banten yang berprestasi! (Mujang Kurnia)

0 Komentar